Back To Top

Kerusakan Tv Sharp




Berikut adalah ciri khas kerusakannya:

  • Gambar TV atau AV seperti bergeser dan tidak singkron.
  • Gambar TV atau AV selalu rolling/ bergerak naik turun.

Penyebabnya adalah SIGNAL gambar lemah.



Beberapa part yang harus diganti untuk kerusakan gambar siaran tv.



Beberapa part yang harus diganti untuk kerusakan gambar AV

Sekian dari saya semoga bermanfaat..


Tv Sharp cZar mati standby


Tv Sharp cZAR 29ZF200MSL dengan ic smd TDA12063H1/N1088 ( IC HERCULES)

Kerusakan sbb: 

Pertama dihidupkan gambar dan suara normal, setelah beberapa menit timbul gejala gangguan pada audio seperti kemrotok tapi bila volume di nolkan suara kemrotokpun ikut hilang.

Semakin lama kemrotoknya semakin kencang dan muncul gangguan pada gambar ikut bergetar dan bila dibiarkan terus tv mati standby.

Sempat dibuat pusing dengan tv ini karena semua ic dipegang normal panasnya, termasuk IC audio dan IC regulator lainnya.

Setelah melalui pencarian dan pengecekan tegangan ternyata tegangan 3,3v lama kelamaan turun menjadi kurang dari 3v.

Penelusuran sumber tegangan 3,3v akhirnya tertuju pada IC SMD M2883E33 yg setelah dipegang ternyata panasnya berlebihan. Sumber tegangan IC tersebut dari sub power suply/ power suply standby 5v.

Wah mesti cari sparepart dulu nih..!!
Dan sambil berfikir akhirnya muncul ide yaitu dengan menjumper R47 OHM 2W pada in dan out IC tsb dan setelah dites beberapa menit tidak ada masalah dan bayaran...

Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda.





Area gosong pada Tv Sharp


     Kali ini saya coba  membahas area gosong (lihat gambar) tv sharp type 20W250/ 50U500 yang menggunakan IC TDA9381PS/ IX3410CEN4.

Sengaja saya buat catatan ini karena beberapa kali dapat kasus kerusakan akibat area gosong tersebut dimana disitu dilewati beberapa jalur vital yaitu:
  1. Jalur video CBVS-IN.
  2. Jalur ABL.
  3. Jalur hor osc ke hor drive.
  4. Jalur vcc 45v vertikal.
  5. Jalur AFC
Pada jalur video CBVS-IN saya sudah beberapa kali mendapatkan jalur putus karena hangus yang diakibatkan oleh panasnya R B+ ke Hor Dy dan akibatnya tv tidak mendapat signal gambar dan hanya muncul OSD.

Parahnya timah solder yang memuai karena panasnya R tadi bisa bersinggungan/menempel ke jalur CBVS-IN yang mengakibatkan rusaknya IC Chroma yang ditandakan dengan dropnya VCC 8v IC chroma, selain itu juga terbakarnya R dan TR penguat signal video.

Bukan hanya sampai disitu ternyata timah yang memuai juga bisa bersinggungan dengan VCC 45V Vertikal yang mengakibatkan rusaknya IC vertikal dan gosongnya R 505 yang nilainya 33 Ohm.

Setelah Tv menyala gambar kelihatan pucat/ puyeh dan bagian atas agak gelap ternyata VCC Chroma gak ada 8V kerusakan pada R pembatas 15 0hm pemberi tegangan AN7808 melar dan setelah diganti tv kembali normal.

Untuk jalur AFC kadang kita kurang waspada pada pengukuran yang mengakibatkan dzener short dan mengakibatkan gambar bergeser kekiri/kanan dan OSD jadi melebar.

Pada posisi tv hidup tapi kadang tiba- tiba protek atau dengan keluhan setelah dimatikan lama tv jadi protek,
disini terukur pin protek dengan tegangan turun naik dan turun hingga level 1 volt dan protek, ini diakibatkan karena menginduksinya tegangan B+ terhadap jalur yang yang berada disebelahnya karena PCB gosong.


Tv Sharp 29UF200

Datang Tv ini dengan kerusakan sebagai berikut:
  1. Tv distandby masih tetap menyala putih polos
  2. Geometri / Vertikal dan horizontal tidak beraturan.
  3. Gambar/warna kemerah2an dan gambar tidak kontras seperti CRT rusak.
Untuk kerusakan yang pertama kita lakukan pengecekan pada power suply.
Setelah melalui pengurutan jalur ahirnya ditemukan penyebabnya yaitu R720 nilai 1 Mega ohm yang terukur sudah berubah nilainya dan setelah pengantian komponen tv sudah bisa di standby.



Untuk kerusakan ke 2 sepertinya TV telah terjadi reset memory, penyebabnya kurang tau karena datang sudah kondisi seperti itu.
Kemudian masuk service mode dengan menggeser swicth service yg sudah tersedia posisinya disamping tuner.
Dengan mengatur beberapa parameter dibawah ini ahirnya gambar kembali normal.

Untuk yang ke 3, mulai pengecekan Katoda RGB dgn memutus jalur output dari IC RGB TDA6103Q dan mengukur tegangan masing2 sambil melihat tampilan pada layar ternyata masih bagus semua.
Lalu diputuskan untuk mengatur kembali RGB dengan masuk mode service, dan setelah melakukan cara2 seprti dibawah ini tv sudah kembali normal.


Proteksi Tv Sharp IC IX080WJ

1. Pin-pin Proteksi


2. Proteksi yang terhubung dengan pin  63.
  • Selain point-point tersebut dibawah pin ini terhubung dengan dioda sensor tegangan 5v, 8v, 25v, 33v dll bilamana ada yg koslet tv akan protek.


3. Proteksi AC detect, akan bekerja apabila power suply bermasalah, misalnya drop atau over voltage.































 4. Proteksi Vertikal pin 65 akan potek bilamana IC vertikal rusak/tidak bekerja.


TV SHARP 21" type 51WF200


     TV Sharp 21" type 51WF200 Tegangan B+ drop dan berdenyut - denyut. Setelah diperiksa dengan sangat teliti agar tidak ada kesalahan diagnosa (istilah dokter) ternyata kerusakan pada IC Audio AN17810A yang terukur korslet. Setelah IC dicabut TV bisa hidup dan setelah diganti ICnya suarapun langsung muncul TV pun Kembali OK..!!

Kerusakan yang sering terjadi pada tv ini biasanya pada solderan retak untuk tegangan regulator 5V sehingga mati standby.

Kerusakan yang lain dari TV ini, Tekan power lampu led nyala merah kemudian hijau
dan kembali merah lagi. Berarti TV protect. Sambil dihidupkan cek
tegangan vertikal ada normal, outputnya juga normal tapi hanya sesaat.
Cek tegangan Video ada 185v, Cek regulator 5V semuanya ada tapi hanya
sesaat. Tegangan B+ Normal. Semua solderan sudah tidak ada yg kendor. Dan ternyata kerusakan pada R180K 1/4w dari tegangan Video 185V ke bagian proteksi. 









Gambar: Sharp Picollo



Service TV Sharp


     Betapa pusingnya kepala kita ketika kita memperbaiki sebuah TV yang belum ketemu permasalahannya. Kepala rasanya ingin di jedotken ke tembok tetapi sayang cuma punya satu kepala. Misalnya saja TV Sharp UNIVERSE yg menggunakan IC TDA9381 / IX 3368. TV ini menggunakan system proteksi. Berikut adalah macam2 kerusakan TV Sharp.

  1. Tekan tombol, led berwarna hijau kemudian kembali merah/standby. Dikarenakan flyback tidak bekerja, biasanya karena Flyback rusak atau tidak bekerjanya Horizontal oscilator, ada tegangan 5V yang hilang untuk suply Hor OSC.
  2. Tekan tombol led berwarna hijau dan ada suara Flyback bekerja tapi tv tidak nyala malah lampu led kembali merah dan berkedip. Biasanya kerusakan pada data EEPROM biasanya pada setting Bahasa/ Language. Umumnya Setting semua bahasa di parameter diberi nilai 0.
  3. Tekan tombol led berwarna hijau dan sepertinya TV akan menyala tetapi tv kembali standby dan led berwarna kuning dan berkedip. Masih kerusakan pada data. LED F beri nilai 0.
  4. Tekan tombol TV hidup ada gambar kemudian kembali standby. Disebabkan ada tegangan yang awalnya normal kemudian drop dikarenakan komponen yg short atau bocor. Contohnya Dioda Zener 5v yg terhubung dengan dengan SDA dan SCL. Dan ada satu dioda zener juga di dekat flyback yg terhubung dg Heater dan tegangan 12v output inverter. 
  5. Power suply tidak bisa start / standby walau sudah ditekan power on. Disebabkan karena tidak ada tegangan power on dari IC program untuk umpan ke TR switch Power suply karena tegangan di IC program lemah / drop. Ganti Elco 16V47UF dan 6.5V100UF pada IC suply 3.3V. Masalah seperti ini juga sering terjadi karena Elco 160V220UF sudah melemah/kering.
  6. Kerusakan pada bagian Vertical seperti IC koslet atau hilang tegangan.
  7. R 33 ohm untuk tegangan 45v untuk suply IC vertikal sering panas dan terbakar disebabkan karena C1n dan R 1K8 smd bypass ke ground kendor atau putus pada kaki 1 dan 2 IC Vertical, gejala ini juga disertai dengan tidak munculnya gambar/raster.
  8. TV menyala tapi tidak ada gambar hanya ada OSD, ada jalur Video yang putus yang melewati rangkaian horizontal biasanya karena PCB hangus.
  9. Suara siaran TV Gemeresek dikarenakan system suara BG rusak. Ganti IC eeprom samakan datanya, di parameter BG diberi nilai 1.
  10. Untuk yang menggunakan IC Suara AN5891K pada parameter harus di beri nilai 1 karena bila tidak tv akan kehilangan suara. Untuk yang tidak menggunakan diberi nilai 0.
  11. Pada TV Sharp yang menggunakan Power suply STR W6753 / W6754 jarang sekali protek. Kerusakaakan sering terjadi pada STR tsb. Tanda2nya TV sedang ditonton tiba-tiba mati total kemudian ditekan lagi tombol tv hidup kembali dan tidak lama kemudian tv akan mati lagi apalagi bila ada gambar yg sangat terang. Ini terjadi karena power suply drop karena STR sudah melemah.

Skema IC Vertikal TDA8357

























Macam - macam kerusakan TV Sharp

Macam - macam kerusakan pada tv sharp IC TDA9381/IX3368

  • Kerusakan data. 
  • Kerusakan IC Vertical. 
  • Flyback tidak bekerja. 
  • Komponen koslet seperti IC, TR atau dioda. 
  • Program tidak bekerja bisa menyebabkan tegangan tidak mau start/keluar yg disebabkan karena tegangan program drop.
  • Pertama dihidupkan TV normal, setelah beberapa menit (5 atau 10 menit) tv kembali standby. Kemudian dihidupkan kembali bisa hidup dan semakin cepat standby lagi jadi ditunggu sampai dingin baru bisa hidup kembali. Ini kerusakan pada dioda zener dan jawabannya ada pada postingan selanjutnya..

Postingan Populer